Ajaib, Bonsai Berusia 390 Tahun Ini Selamat Dari Serangan Bom Atom

Bonsai 390 tahun selamat dari serangan bom atom di Hiroshima (foto: Washington Post)

Musa Weisberg sedang berjalan santai sambil membawa sepedanya melalui Arboretum National di Washington ketika ia berhenti untuk melihat sebuah bonsai berbentuk jamur.

Dia memperhatikan bonsai tersebut seteliti mungkin dari daun hingga batangnya. Kemudian ia tahu bahwa bonsai tersebut sudah berusia 390 tahun dilihat dari rambut tumbuhan itu. Setelah mengetahui sejarah bonsai itu, Weisberg benar-benar tercengang dengan apa yang diketahuinya.

Pohon pinus putih itu rupanya berasal dari Jepang yang disumbangkan pada tahun 1976. Tak hanya memiliki panjang umur, bonsai ini juga selamat dari serangan bom atom "Little Boy" di Hiroshima, Jepang, pada tanggal 6 Agustus 1945.

"Untuk satu ini, itu sangat menakjubkan untuk berpikir ada sesuatu yang bisa selamat dari bom atom," kata Weisberg, seorang mahasiswa di Georgetown University Law Center, seperti dilansir Washington Post (2/8).

"Dan kemudian secara kebetulan sebuah pohon Jepang dari tahun 1600-an berakhir di sini," tambah pria berusia 26 tahun itu.

Sejarah bonsai ini sedang dihormati pekan ini dalam rangka menandai peringatan 70 tahun pemboman di Hiroshima yang jatuh hari ini, Kamis (6/8/2105).

Bonsai ini disumbangkan oleh master bonsai bernama Masaru Yamaki, yang merupakan bagian dari hadiah ke[ada Amerika Serikat dalam rangka memperingati hari jadi negara tersebut.
X