8 Alasan Anda Harus Makan Jamur

Jamur (foto: Boldsky)

Jamur mengadung banyak nutri penting bagi kesehatan tubuh. Jamur juga merupakan sumber yang kaya akan serat dan telah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu.

Kabar baiknya lagi, jamur sangat rendah kalori dan banyak mengandung mineral dan vitamin yang tidak akan ditemukan dari makanan lain. Jamur kaya akan vitamin B, D, kalium, tembaga, besi dan mineral yang disebut Selenium.

Itu adalah beberapa hal baik yang dimiliki jamur. Oleh sebab itu, Anda harus mulai makan jamur kalau ingin mandapatkan tubuh yang sehat. Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus makan jamur, seperti dilansir Boldsky.

8. Kaya akan antioksidan

Jamur mengandung jenis antioksidan yang unik yang disebut ergothioneine. Antioksidan tersebut mampu melawan penuaan, peradangan, dan bahkan mampu menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Makanan yang kaya akan antioksidan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit ringan seperti pilek dan flu. Selenium yang ada dalam jamur dapat meningkatkan respon imun dan dapat merangsang produksi sel T.

6. Kaya akan vitamin D

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk berjemur, maka jamur secara alami menghasilkan vitamin D saat terkena sinar matahari. Oleh sebab itu jamur dapat meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, jamur juga mengandung sekitar 20 persen dari kebutuhan harian vitamin D Anda.

5. Rendah gula

Jamur memang memiliki tingkat karbohidrat yang rendah dan juga tidak meningkatkan tingkat gula darah Anda. Malahan menurut penelitian, jamur dapat menurunkan tingkat gula darah.

4. Mengontrol berat badan

Jamur yang ideal dapat mengendalikan berat badan Anda karena mereka rendahkolesterol dan bebas lemak. Jamur juga dapat menekan nafsu makan sehingga membuat Anda untuk makan lebih sedikit.

3. Baik untuk kulit dan rambut

Makan jamur dapat mengurangi risiko jerawat, karena mereka menjaga kulit tetap sehat. Oleh karena itu, ekstrak jamur sering dijadikan bahan kosmetik untuk kulit. Tak hanya itu, jamur juga mengandung mineral selenium yang dapat mencegah ketombe dan melawan rambut rontok.

2. Menjaga jantung tetap sehat

Jamur dapat mengurangi peradangan arteri dan mencegah penyakit jantung. Serat, kalium dan vitamin C dalam jamur berkontribusi terhadap kesehatan jantung Anda.

1. Menurunkan risiko kanker

Jamur dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Jamur mengandung senyawa yang dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker.
X