5 Negara Yang Tidak Pernah Dijajah


Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang. Namun yang paling lama adalah pemerintahan kolonial Belanda yang menjajah tanah air selama lebih dari tiga abad. Kemudian Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 setelah lolos dari penjajahan Jepang.

Selain Indonesia, negara super power seperti Amerika Serikat juga pernah dijajah oleh Inggris. Pada masa pemerintahan kolonial Inggris, penduduk Amerika sama menderitanya dengan penduduk negara-negara lain yang pernah dijajah.

Meskipun banyak negara dijajah oleh negara lain, tetapi ada beberapa negara yang tidak pernah dijajah sama sekali dalam catatan sejarahnya. Berikut Wow Menariknya berhasil merangkum beberapa negara yang tidak pernah dijajah.

5. Liberia

Liberia resmi menjadi sebuah negara pada tahun 1847. Namun sebelum itu, beberapa negara sempat mendirikan pos perdagangan di seluruh wilayah Liberia, termasuk Inggris, Belanda dan Potugal.

Menurut catatan sejarah, AS mengklaim pernah mendirikan pemerintahan kolonial di Liberia selama satu periode. Meskipun demikian, sejak terbentuknya negara Liberia, negara tersebut belum pernah dijajah oleh negara lain.

4. Jepang

Hanya Jepang satu-satunya negara di kawasan Asia yang mampu lolos dari penjajahan negara-negara Barat, malahan negeri matahari terbit itu berani menyerang kekuatan barat pada era Perang Dunia II. Karena hal itulah Jepang tidak pernah dijajah oleh negara lain.

3. Thailand

Thailand merupakan negara satu-satunya di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh kekuatan barat. Hal itu dikarenakan pemerintah Thailand sudah membuka diri terhadap negara-negara asing. Di sisi lain, negara ini memiliki tanah yang tidak subur, sehingga negara penjajah tidak tertarik dengan negara ini.

2. China

China juga tidak pernah dijajah oleh negara lain, kecuali Hong Kong dan Makau. Pada abad ke-19, China masuk dalam perjanjian perdagangan dengan negara-negara barat, seperti Inggris, Perancis, Jerman, Rusia dan bahkan Amerika. Mungkin karena aturan-aturan tertentu, China menjadi negara yang tidak pernah dijajah.

1. Arab Saudi

Negara yang terkenal sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam ini ternyata tidak pernah dijajah oleh negara-negara Eropa atau negara lainnya. Mungkin hal itu dikarenakan negara ini sebagian besar wilayahnya terdiri dari gurun tandus.
X