Ternyata, Tidur Siang Terlalu Lama Sangat Berisiko

Ilustrasi tidur siang (foto : io9.com)
Tidur memang penting untuk mengembalikan stamina tubuh setelahseharian  lelah bekerja. Saat tidur, beberapa fungsi organ akan bekerja secara maksimal untuk meningkatkan metabolisme dan menjaga kekebalan tubuh.

Waktu tidur paling efektif dan berkualitas adalah saat malam hari. Saat tidur lelap di malam hari, tubuh dan otak menjadi rileks sedangkan beberapa organ dalam akan melakukan 'tugas piket' untuk mengoptimlakna fungsi organ.

Tidur tak hanya dilakukan saat malam hari, sebagian orang menjadikan tidur siang sebagai sebuah kebiasaan. Banyak orang yang sangat menikmati waktu tidur siang mereka hingga tidur sampai sore hari, padahal hanya butuh 5 sampai 15 menit untuk merilekskan kembali tubuh di siang hari.

Tidur siang sampai sore hari ternyata sangat berbahaya bagi tubuh. Orang yang tidur dari siang sampai sore hari berisiko menurunkan tingkat ingatan seseorang. Selain itu, orang yang tidur siang terlalu lama memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dibandingkan orang yang memiliki waktu tidur siang lebih sedikit atau orang yang tak pernah tidur siang.

Waktu tidur siang yang terlalu lama akan membuat seseorang sulit tidur di malam hari. Hal ini akan mempengaruhi kinerja tubuh untuk memproduksi hormon insulin yang berakibat mudah terserang penyakit diabetes. Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa orang yang terlalu lama tidur siang akan lebih sering mengalami mimpi buruk.

Sumber: Bidikutama.com
X