Pria Inggris Ini Sebut Produk Halal Barbar

Stiker rasisme pada produk daging halal (foto: Metro.co.uk)

Seorang pria asal Inggris mengaku bersalah setelah ia menempatkan stiker dengan tulisan "Halal adalah barbar dan mendanai terorisme" pada produk daging halal di supermarket Salford.

Dilansir Metro.co.uk, Liam Edwards, dari Chanel Avenue, Salford, telah didakwa dengan tuduhan penghinaan ras dan agama setelah ia menempatkan stiker merah berbau rasisme di sebuah supermarket di Regent Road, pada 18 Februari lalu.

Dalam stiker tersebut, terdapat hashtag "#BanHalal" dan kata-kata "BEWARE (waspadalah)". Selain itu, terdapat sebuah kalimat yang dianggap menghina umat muslim, yang berbunyi "Halal adalah barbar dan mendanai terorisme."

Pria berusia 29 tahun itu mengaku bersalah setelah dijatuhi hukuman pada hari Jumat (24/7) kemarin. Namun ia tetap bersikeras bahwa tindakannya itu merupakan bentuk protes terhadap penyembelihan hewan halal yang katanya telah menjadi subyek sebuah film dokumenter yang baru ia tonton.

"Saya seorang pecinta hewan besar, baik untuk ras atau tujuan lainnya yang saya percaya itu adalah salah satu memperlakukan hewan dengan cara itu," kata Liam.

Lisa Connor selaku pengacara Liam mengatakan bahwa klienya memang mengakui kepemilikan stiker berbau rasisme tersebut dan menempelkannya pada beberapa produk halal.

Akibat perbuatannya itu, Liam divonis empat minggu penjara dan dikenakan denda sebesar 176 pounds atau sekitar Rp 3,5 juta. Selain itu, polisi juga menemukan ganja di dalam mobil Liam.
X