Ini Fakta Minum Air Dingin Itu Tidak Berbahaya

Air dingin (foto : Getty Images)
Dalam tubuh manusia sekitar 60% bagiannya adalah air. Inilah yang menyebabkan air sangat dibutuhkan manusia. Air membantu menyerap dan mencerna makanan, membawa nutrisi sampai melawan sel-sel penyakit.

Faktanya air dingin ternyata lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan air hangat. Air dingin akan lebih cepat mendinginkan temperatur tubuh setelah beraktivitas.

Minum air dingin saat cuaca panas, sebelum dan setelah olahraga akan mempermudah proses pendinginan tubuh ke temperatur normal dan mencagah tubuh terhidrasi. Sebab air dingin akan menyerap panas dan mendinginkan tubuh dari dalam.

Banyak orang bependapat bahwa minum air dingin setelah berolahraga akan sangat berbahya karena akan mengejutkan organ tubuh.

Namun menurut seorang ahli dari Nutrition, Metabolism and Exercise Laboratory di Arkansas University, menjelaskan bahwa tak ada efek samping dari mengkonsumsi air dingin setelah berolahraga.

Fakta lain tentang air dingin adalah bahwa minum segelas air dingin akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan segelas air hangat. Cara ini akan lebih efektif jika disertai dengan latihan atau olahraga.

Namun tetap, jika merasa tubuh sedang dalam keadaan tidak fit atau sedang pilek, minum air dingin sangat tidak dianjurkan karena bisa memperburuk keadaan.

Sumber: Livestrong.com
X