Ditemukan Fosil Ular Berkaki Empat Di Brasil

Gambaran ular berkaki empat (foto: BBC)

Ilmuwan temukan fosil ular berkaki empat berusia 113 juta tahun di Brasil. Ini merupakan ular berkaki empat pertama yang pernah ditemukan.

Beberapa fosil ular berkaki memang pernah ditemukan sebelumnya, namun penemuan fosil ular yang satu ini dipercaya merupakan nenek moyang dari ular modern.

Lengan dan kaki ular ini tidak digunakan untuk berjalan, melainkan untuk membantu merebut mangsanya. Selain itu, fosil ular berkaki empat ini menunjukkan bahwa mereka hidup di daratan dan tidak berenang.

"Ini adalah fosil ular paling primitif yang pernah dikenal, dan itu cukup jelas tidak di air," kata Dr Nick Longrich dari University of Bath, salah satu penulis dari studi baru ini yang diterbitkan dalam majalah Science, seperti dilansir BBC, Jumat (24/7/2015).

Berbicara kepada Science in Action pada BBC World Service, Dr Longrich menjelaskan bahwa ekor ular tersebut tidak berbentuk dayung untuk berenang dan juga tidak ada tanda-tanda sirip. Selain itu, ular ini memiliki belalai panjang dan moncong yang pendek.

Fosil ular berkaki empat yang ditemukan di Brasil (foto: BBC)

Dr Longrich mengaku sangat terpeson melihat foto-foto fosil ular tersebut yang memiliki panjang 19,5 cm. Dia juga melihat banyak 'fitur canggih' yang dimiliki ular ini, seperti gigi bengkok, rahang felksible, tulang belakang, dan sisik seperti ular pada umumnya.

"Dan ada isi usus. Itu menelan veterbrata lain. Itu memangsa hewan lain, yang merupakan fitur ular," tambah Dr Longrich.

"Ini cukup jelas seekor ular cantik. Ini memiliki lengan dan kaki kecil."
X