5 Rudal Nuklir Dengan Daya Ledak Paling Dahsyat

Ilustrasi ledakan nuklir (foto: Veterans Today)

Rudal nuklir adalah senjata pemusnah massal yang dapat meratakan satu kota dalam satu serangan. Sepanjang sejarah, ada dua nuklir yang pernah digunakan dalam pertempuran, yaitu pada masa Perang Dunia II, ketika AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Seiring berjalannya kemajuan teknologi di bidang persenjatan, rudal nuklir mengalami banyak perkembangan. Beberapa negara terus mengembangkan senjata nuklir sebagai kekuatan militer mereka. Tercatat, negara adidaya seperti AS dan Rusia merupakan negara yang memiliki rudal nuklir terbanyak.

Dari sekian banyak nuklir yang dimiliki beberapa negara, berikut ini ada beberapa jenis rudal nuklir yang memiliki daya ledak paling dahsyat yang mampu mertakan kota dalam sekejap. Berikut ulasannya yang berhasil Wow Menariknya rangkum dari The Richest.

5. RSM-56 Bulava - Rusia

(foto: The Richest)

Rudal balistik berbasis kapal selam (SLBM) Bualava milik Rusia ini dipersenjatai dengan enam hulu ledak yang masing-masing berkekuatan 150 kiloton. Menurut beberapa laporan, Bualava mampu membawa sampai 10 hulu ledak sekaligus. Jika benar demikian, maka rudal nuklir ini memiliki jangkauan sekitar 8.000 km dan radius kesalahan target (CEP) sampai 300-350 meter.

4. R-29RMU2 Layner - Rusia

(foto: The Richest)

SLBM terbaru milik Rusia, Layner mulai beroperasi pada tahun 2014 lalu. Rudal ini mampu membawa 12 hulu ledak dengan masing-masing memiliki kekuatan 100 kiloton. Layner yang merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya, R-29RMI Sineva, memiliki jangkauan sampai 11.000 km.

3. UGM-133 Trident II - AS/Inggris

(foto: The Richest)

Trident II juga merupakan salah satu jenis rudal SLBM yang dimiliki Amerika Serikat dan juga Inggris. Rudal ini mampu membawa hingga 14 hulu ledak, namun karena beberapa alasan Trident II diperbaharui dan hanya mampu membawa 4 sampai 5 hulu ledak, dengan masing-masing berkekuatan 455 kiloton. Jangkauan rudal ini dapat bervariasi, yakni dari 7.800 hingga 11.000 km.

2. DF-5/5A - China

(foto: The Richest)

Rudal DF-5 merupakan salah satu jenis rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mulai beroperasi pada tahun 1981. Sekali serangan, rudal ini mampu membawa hulu ledak berkekuatan 5 megaton yang memilik jangkauan lebih dari 12.000 km. Dalam kata lain, satu rudal ini mampu meratakan satu kota dalam sekejap.

1. R-36M2 - Rusia

(foto: The Richest)

Ini mungkin rudal nuklir paling dahsyat yang pernah diciptakan. Rudal jenis ICBM ini pertama kali digunakan pada tahun 1974 yang dilaporkan mampu membawa hulu ledak berkekuatan 20 sampai 25 megaton. Namun, rudal ini mengalami beberapa pembaharuan, sehingga hanya mampu membawa 10 hulu ledak nuklir berkekuatan 750 kiloton dengan jangkauan lebih dari 11.000 km.
X