5 Hal Menakutkan Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Naik Pesawat

Naik pesawat (foto: Media Training)

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika sedang di dalam pesawat? Mungkin beberapa orang akan beranggapan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama penerbangan.

Sebenarnya, ada beberapa hal menakutkan yang terjadi pada tubuh selama Anda sedang berada di dalam pesawat. Dilansir Boldsky, berikut beberapa masalah kesehatan serius yang bisa disebabkan akibat dari naik pesawat.

5. Trombosis vena dalam

Trombosis vena dalam atau DVT adalah pembekuan gumpalan-gumpalan darah yang terbentuk dalam pembuluh darah, biasanya di kaki bagian bawah atau paha. Pembekuan ini dapat menyebabkan serangan jantung mendadak dan sewaktu-waktu bisa mengundang penyakit stroke.

4. Radiasi berbahaya

Ketika tubuh kita berada di atas ketinggian 30 kaki, maka kondisi udara semakin menipis. Hal itu akan menempatkan penumpang berisiko terkena radiasi kosmik yang berasal dari tanah yang cukup berbahya bagi tubuh.

3. Pembengkakan dalam kaki

Menurut para ahli, tekanan rendah di kabin dapat menurunkan tekanan darah. Hal itu dapat mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh sehingga mengkibatkan pembengkakan pada bagian tungkai. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda disarankan untuk memakai kaus kaki.

2. Kerusakan paru-paru

Karena semua jendela di pesawat ditutup, maka pesawat akan menyalurkan udara yang ditarik oleh mesin kemudian disalurkan ke interior. Karena hal itu, udara yang dihasilkan dari mesin pesawat memiliki efek merusak paru-paru. Ini merupakan dampak yang jarang diketahui banyak orang.

1. Sakit telinga

Sakit telinga sudah umum dirasakan para penumpang pesawat terbang. Hal ini bisa terjadi lantaran tekanan kabin berubah selama lepas landas dan saat mendarat. Kemudian udara di dalam telinga akan meluas dan menyebabkan tekanan di dalam saluran telinga yang pada akhirnya terasa sakit.
X